Menu Tutup

Resmikan Kantor Bawaslu Halsel, Abhan: “Ini Pertama dan Terakhir”.

Labuha – Dalam upaya menunjang pelaksanaan pengawasan, dibutuhkan kenyamanan dalam bekerja dengan memiliki Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan secara permanen yang telah dibangun oleh pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan akhirnya diresmikan Ketua Bawaslu Republik Indonesia.

Saat tiba di kantor Bawaslu Halsel, Ketua Bawaslu RI Abhan didampingi oleh Bupati Halmahera Selatan beserta rombongan disambut dengan prosesi pengalungan bunga, dan tarian Soya- soya dari sanggar Patra Komalo Nagara Kesultanan Bacan pada Kamis (10/3/2022).

Turut hadir pada peresmian Kantor Bawaslu, Kepala Biro Bawaslu RI, Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara Muksin Amrin, Komisioner Bawaslu Maluku Utara Aslan Hasan, Kepala Sekretariat Bawaslu Malut Irwan M Saleh, Ketua dan Anggota Bawaslu Halsel, Ketua Komisi Pemilihan Umum M. Agus Umar dan Anggota Rusna Ahmad, Ketua dan Anggota Bawaslu serta Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Ternate, Ketua dan Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Tidore Kepulauan, Ketua DPRD Halsel dan Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Muksin Amrin dalam sambutannya mengatakan, untuk menunjang aktifitas Bawaslu diperlukan kantor yang memadai dan pertama di Maluku Utara Bawaslu Kabupaten Kota yang memiliki kantor permanen yang dibangun oleh Pemkab Halmahera Selatan. “ini adalah pertama diantara 10 kabupaten/kota di Maluku Utara yang memiliki kantor permanen dan Bangunan kantor ini sudah sangat bagus, namun dalam bekerja Bawaslu juga butuh kenyamanan jadi yang kurang saat ini adalah pagar jadi diharapkan kepada Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik dapat membantu pembangunan pagar untuk tahun ini,” ucapnya.

Muksin menyampaikan  terimah kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah membangun kantor Bawaslu. Selain itu Catatan Pilkada dari tahun ke tahun di Halmahera Selatan sudah mulai membaik dan perlu diapresiasi rekan-rekan Bawaslu di Halsel khususnya,” aku Muksin.

Usman Sidik selaku Bupati Halsel dalam sambutannya akan menindaklanjuti kekurangan bangunan yang belum terpenuhi yang disampaikan Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin seperti Pagar Kantor.

“Insha Allah diperubahan anggaran, baik pagar, penambahan gedung dan musholah secepatnya diakomodir namun secara bertahap, dikarenakan dengan kondisi keuangan di Halsel cukup berat,” singkat bupati.

Ketua Bawaslu RI Abhan dalam acara peresmian kantor menyampaikan, sudah dua kali dirinya berkunjung ke Kabupaten Halmahera Selatan, di mana pada kunjungan pertama yakni, meletakkan batu pertama atau dasar pembangunan kantor Bawaslu dan yang ke dua meresmikannya pada hari ini, Kami (10/3/2022).

“Ini pertama dan terakhir. Pertama, peletakan batu pembangunan Kantor pada Sore hari menjelang magrib. Terakhir ini yang kedua kalinya untuk meresmikan. Untuk itu, saya Ketua Bawaslu RI, mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Daerah di mana memiliki kontribusi besar dalam pembangunan Kantor Bawaslu ini,” ucap Ketua Bawaslu RI.

Abhan berharap, dengan pembangunan kantor permanen Bawaslu satu-satunya dari Indonesia Timur yang dibangun melalui hibah dari Pemkab Halsel mulai dari hibah tanah hingga bangunan bisa menjadi penunjang kinerja.

“Tentunya dengan kantor yang baru ini akan menambah semangat bekerja dari kawan-kawan Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan apalagi kita akan menghadapi tahapan pemilu serentak 2024,” harapnya.

Abhan menegaskan dalam melaksanakan tugas pengawasan, Bawaslu memiliki empat fungsi yakni ( Pengawasan, Pencegahan, Penindakan, dan Sengketa). Abhan mencontohkan dalam penegakan keadilan Pemilu, tidak hanya menjadi tanggung jawab Bawaslu semata namun, membutuhkan kerjasama seluruh stakeholder,” tegasnya. (Humas)

Komentar Anda dari Facebook
Bagikan

Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.