Menu Tutup

BAWASLU HALSEL REKRUT 493 PENGAWAS TPS

Labuha – Sebagai upaya menindaklanjuti Surat Keputusan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) Nomor : 0329/ K. Bawaslu/HK.01.00/IX/2020 tentang Pedoman Pembentukan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dalam pemilihan 2020.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Halmahera Selatan akan merekrut Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 249 Desa dalam 30 Kecamatan di Kabupaten Halmahera Selatan yang akan bertugas pada saat pemungutan dan penghitungan suara pada 9 Desember mendatang.

Ketua Bawaslu Kahar Yasim mengatakan, “Setiap TPS diawasi oleh satu orang Pengawas TPS, bedasarkan SK Bawaslu RI tahapan pengumuman pendaftaran dimulai 30 September hingga 2 Oktober 2020. Diumumkan di Website Bawaslu Halmahera Selatan, proses pendaftaran, peneriman dan penelitian berkas serta wawancara pada 3-15 Oktober 2020″, jelas Kahar di ruang kerjanya pada Rabu (30/09/2020) pagi.

Dengan demikian Kahar mengajak kepada putra/putri terbaik Halmahera Selatan yang telah memenuhi syarat untuk menjadi pengawas TPS untuk mendaftarkan diri
“dalam ketentuan syarat untuk menjadi PTPS usia minimal 25 tahun, berpendidikan minimal SLTA/ sederajat, serta memiliki integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan bekerja penuh waktu.” ajaknya.

Kahar menambahkan pilkada dalam masa pandemi Covid-19, maka pengawas TPS bersedia melaksanakan Pemeriksaan Rapid Test atau Real Time Polimerase Chain Reaction ( RT-PCR) atau menggunakan Surat Keterangan bebas gejala influensa yang dikeluarkan oleh Dokter Rumah Sakit atau otoritas kesehatan dalam hal layanan Rapid Test atau RT-PCR PCR tidak tersedia.

Menurutnya pengawas TPS merupakan ujung tombak Bawaslu dalam mengawasi sebagai ujung tombak dari Bawaslu, yang bertuagas di TPS untuk memastikan proses pemungutan, penghitungan berjalan sesuai aturan, serta menciptakan pilkada yang jujur, adil dan bermartabat. (Humas)

Komentar Anda dari Facebook
Bagikan

Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *